Sosialisasi HIV AIDS oleh Dinas Sosial P3A Bantul

Administrator 20 Februari 2019 12:03:52 WIB

Parangtritis (20/2) - Rabu, 20 Februari 2019 diadakan Sosialisasi HIV AIDS dari Dinas Sosial di Gedung Pertemuan Balai Desa Parangtritis. Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Sebagai pembawa acara adalah Bapak Agus Jaka, dan menghadirkan narasumber Ibu Nita dan Ibu Endah dari Dinas Sosial PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kabupaten Bantul.

Sosialisasi dihadiri perangkat desa dan tokoh-tokoh masyarakat se Kecamatan Kretek.

Banyak yang berfikir bahwa HIV sama dengan AIDS. Ternyata keduanya berbeda. HIV adalah Human Immunodeficiency Virus, virus yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan AIDS adalah Acquired Immune Deficiency Syndrome, merupakan kondisi yang paling parah dari penyakit HIV dan ditandai dengan munculnya penyakit lain, seperti kanker dan berbagai infeksi, yang muncul seiring dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Untuk menurunkan angka kasus HIV/AIDS di Indonesia, Bantul khususnya ada rumus ABCDE yang selama ini disosialisasikan sebagai cara pencegahan HIV/AIDS.

- A (abstinace) adalah tidak berhubungan seks di luar nikah.

- B (be faithfull) adalah saling setia pada pasangan, tidak bergonta-ganti pasangan berhubungan seks.

- C (condom), yaitu penggunaan kondom saat berhubungan seksual.

- D (don't use drugs) atau tidak memakai narkoba, karena menggunakan jarum suntik secara bergantian.

- Terakhir, yaitu E (equipment) yang artinya menggunakan peralatan steril. Kalau mau tato, facial, jangan pakai jarum orang lain.

Komentar atas Sosialisasi HIV AIDS oleh Dinas Sosial P3A Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Mbangun Desa

Pengumuman

Silahkan diisini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License