Posyandu Balita dan Lansia Grogol VII

Administrator 06 Maret 2019 10:12:46 WIB

Parangtritis (6/3) - Rabu, 6 Maret 2019 Pedukuhan Grogol VII melaksanakan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Posyandu diperuntukkan untuk balita dan lansia (usia >60 tahun). Kegiatan yang bertempat di Balai Dusun Grogol VII ini dimulai pukul 09.00 WIB.

Posyandu balita berupa penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar lengan serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Penimbangan secara rutin di posyandu dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, kemudian dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita (Dinas Kesehatan RI. 2006: 54).

KMS (Kartu Menuju Sehat) adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan pada KMS, dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.  

Kriteria Berat Badan balita di KMS: 

Berat badan naik : 

  • Berat badan bertambah mengikuti salah satu pita warna, berat badan bertambah ke pita warna diatasnya.

Berat badan tidak naik : 

  • Berat badanya berkurang atau turun, berat badan tetap, berat badan bertambah atau naik tapi pindah ke pita warna di bawahnya.

Berat badan dibawah garis merah  
Merupakan awal tanda  balita gizi buruk Pemberian makanan tambahan atau PMT, PMT diberikan kepada semua balita yang menimbang ke posyandu. (Departemen Kesehatan RI. 2006: 104) 

Untuk kegiatan posyandu lansia diadakan berupa pemeriksaan kesehatan (penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah) dan penyuluhan motivasi untuk lansia.

Posyandu kali ini hadir pula Bapak Bhabinkamtibmas Desa Parangtritis, Bapak Sukarso.

 

Departemen kesehatan RI. 2006 Buku Kader Posyandu Dalam Usaha Perbaikan Gizi Keluarga. Jakarta. Departemen Kesehatan RI.

http://www.sarjanaku.com/2013/01/pengertian-posyandu-kegiatan-definisi.html

Komentar atas Posyandu Balita dan Lansia Grogol VII

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Mbangun Desa

Pengumuman

Silahkan diisini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License