Peningkatan Kapasitas Desa dan FPRB Paris Tangguh Desa Parangtritis

Administrator 22 Mei 2019 08:21:32 WIB

Parangtritis (22/5) - Senin, 20 Mei 2019 lalu, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) "Paris Tangguh" Desa Parangtritis mengadakan acara dalam rangka peningkatan kapasitas desa dan FPRB Paris Tangguh Desa Parangtrtitis di Warung Makan Dik Bagong Depok. Turut hadir dalam acara yaitu Bapak Topo Lurah Desa Parangtritis, BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, carik, perangkat dan staf desa, ketua LPMD serta Karang Taruna Desa Parangtritis.

Acara dimulai pukul 16.30 WIB. Setelah dibuka dengan membaca doa, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua FPRB, yakni Bapak Suroso. Dalam sambutannya, beliau melaporkan kegiatan FPRB yang sudah dilakukan dalam kurun waktu semester pertama tahun 2019 ini. Setelah terjadi bencana banjir di Desa Parangtritis khususnya kemarin, FPRB telah menggerakkan pasukannya untuk melakukan bersih lumpur di sepanjang Jalan Parangtritis. Selain itu memberikan bantuan logistik kepada masyarakat yang rumahnya rusak akibat banjir serta memberi bantuan bronjong untuk tanggul sungai yang rusak. Bapak berkepala lima yang masih nampak begitu muda ini, juga menyampaikan inventaris-inventaris yang sudah dimiliki FPRB Paris Tangguh sampai saat ini. Di akhir sambutannya beliau menghimbau kepada seluruh anggota FPRB Paris Tangguh agar meningkatkan kinerjanya.

Sambutan kedua oleh Lurah Desa Parangtritis, Bapak TOPO yang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada FPRB Paris Tangguh karena sudah menjalankan perannya dengan sangat baik. Bapak Lurah menyampaikan bahwa beliau mendukung penuh kinerja FPRB.

Inti acara adalah pembinaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, yaitu Bapak Suyamto. Beliau menyampaikan bahwasanya tupoksi FPRB itu ada 3, yaitu 1). pra bencana, yang terdiri dari upaya pencegahan, sosialisasi, simulasi dan kesiapsiagaan bencana; 2) saat bencana; dan 3) pasca bencana, ini adalah yang terberat karena merupakan tahap pemulihan, yaitu terdiri dari rehabilitasi dan rekontruksi.

Acara berakhir pukul 17.30 WIB dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Desa dan FPRB Paris Tangguh Desa Parangtritis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Mbangun Desa

Pengumuman

Silahkan diisini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License