Penyemprotan Desinfektan Oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalurahan Parangtritis

Administrator 21 Januari 2021 16:54:18 WIB

Parangtritis, 21 Januari 2021. Lonjakan kasus covid -19 yang ada di wilayah Parangtritis hingga saat terus meningkat. Kerja keras yang dilakukan pemerintah Kalurahan Parangtritis beserta Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan relawan tak hentinya melakukan penanganan bencana non alam ini di tingkat Kalurahan. Potensi kenaikan angka disebabkan dari berbagai cluster, baik dari kegiatan sosial maupun tenaga medis. Upaya terus dilakukan oleh relawan penanganan covid-19 Kalurahan Parangtritis baik berupa arahan maupun himbauan yang disampaikan baik melalui media sosial maupun arahan lisan secara personal demi menjaga dan terhindarnya warga masyarakat dari covid-19.

Langkah dan tindakan cepat dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Parangtritis dalam penanganan covid-19 di Parangtritis. Enam warga Parangtritis menambah angka peningkatan kasus covid-19, dua warga atas nama Subarjilan dan Umi Hasanah dari padukuhan Kretek dan empat warga lainnya atas nama Umi Astuti dan tiga lainnya dari satu keluarga atas nama Dyas Makanti, Wahyu Aji Hermawan dan Sri Hartati dari padukuhan Kretek. Giat penyemprotan dilakukan dengan diawali dengan koordinasi yang dilakukan di kantor Kalurahan Parangtritis dengan dipimpin oleh Wursidi (carik Kalurahan Parangtritis) selaku relawan penanganan covid-19. Koordinasi diawali dengan persiapan, arahan dan penggunaan APD maupun persiapan alat dan pengarahan tentang titik sasaran penyemprotan. Arahan diberikan kepada relawan agar tetap bersemangat dan tidak putus asa dalam menghadapi musibah non alam ini. Terbatasnya personil yang hadir, maka penyemprotan pada rumah terpapar dilakukan secara bersama-sama dan tidak ada pembagian titik penyemprotan. Setelah persiapan selesai dilakukan, penyemprotan diawali di Kretek pada dua titik dan dilanjutkan dua titik lagi di padukuhan Sono. dari empat titik yang disemprot, diberikan pula logistik untuk membantu meringankan keluarga pada saat melakukan isolasi mandiri sesuai kemampuan dari Pemerintah Kalurahan Parangtritis. Arahan pun diberikan oleh Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalurahan Parangtritis kepada keluarga terpapar untuk tetap tenang dan terus menjaga kesehatan. Selain itu, keluarga terpapar diarahkan supaya tidak berkecil hati dalam menghadapi musibah ini dan tentunya juga tetap mentaati protokol kesehatan. Adapun penyerahan logistik diberikan oleh perwakilan dari Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yaitu Wursidi dan Karjana, SH. kepada keluarga terpapar. Penyemprotan selesai dilakukan dan dilanjutkan dengan dekontaminasi. Dekontaminasi dilakukan di wilayah pantai depok dengan fasilitas dan kebutuhan yang telah dipersiapkan oleh anggota lainnya yang tidak melakukan penyemprotan dan sesuai tugas masing-masing relawan. Setelah selesai dekontaminasi, kegiatan dilakukan dengan penutup dan diakhiri dengan istirahat.

 

#nng

Komentar atas Penyemprotan Desinfektan Oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalurahan Parangtritis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License