Penyemprotan Desinfektan Oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalurahan Parangtritis

Administrator 22 Januari 2021 20:55:36 WIB

Parangtritis, 22 Januari 2021. Penambahan kasus terpapar covid-19 di wilayah Parangtritis bertambah 1 orang atas nama Sumarni warga padukuhan Kretek. Secara pengamatan langsung, terpapar terinfeksi virus tersebut dari cluter lingkungan kesehatan. Alasan tersebut dikarenakan terpapar melakukan periksa di RS Sardjito Yogyakarta. Awalny, terpapar melakukan pemeriksaan dengan hasil negative, dan pada saat rawat inap, terpapar terinfeksi virus covid-19. Akhirnya terpapar melakukan isolasi di RS Sardjito.

Tim satuan tugas penanganan covid-19 Kalurahan Parangtritis beserta relawan langsung melakukan giat penyemprotan di rumah terpapar di padukuhan Kretek. Koordinasi dilakukan di kantor Kalurahan Parangtritis dengan dipimpin oleh Karjana SH selaku relawan. Koordinasi dilakukan atas dasar informasi yang diterima yaitu atas nama Sumarni warga Padukuhan Kretek dengan melakukan persiapan baik alat maupun perlngkapan untuk penyemprotan. Setelah selesai persiapan, penyemprotan dilakukan di titik rumah terpapar yaitu rumah ibu Sumarini dan lingkungan sekitarnya yaitu fasilitas umum di sekeliling rumah terpapar. Fasilitas umum lainya berupa mushola dan poskamling dan sering digunakan oleh masyarakat. Penyemprotan dilakukan di fasilitas umum tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran dan bertujuan untuk mengantisipasi akan adanya penularan melalui fasilitas umum yang digunakan Bersama-sama. Selain itu tim satuan tugas penanganan covid-19 kalurahan parangtritis memberikan logistik untuk membantu keluarga disaat melakukan isolasi mandiri. Selain itu juga memberikan masukan untuk tetap semangan dan melakukan kegiatan sesuai anjuran pemerintah dengan mengedepankan protokol kesehatan. Untuk keluarga atau saudara yang berinteraksi langsung dengan terpapar, diwajibkan melakukan pemeriksaan swab di rumah sakit dan ternyata sudah dilakukan oleh  keluarga yang berinteraksi secara langsung dan hasil nya adalah negatif.

Setelah melakukan penyemprotan dan meberikan edukasi kepada keluarg terpapar, tim satuan tugas melakukan dekontaminasi di area kantor Kalurahan Parangtris yang di luar ruangan dan pada saat itu juga jauh dari kerumunan. Kegiatan selesai dan dilanjutkan dengan istirahat.

Komentar atas Penyemprotan Desinfektan Oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalurahan Parangtritis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License