Rapat Koordinasi Pemerintahan Umum Kalurahan Parangtritis

Administrator 08 Februari 2021 21:27:58 WIB

Parangtritis, 08 Februari 2021. Dipimpin langsung oleh Lurah Parangtritis, rapat koordinasi pemerintahan umum dilakukan di pendopo Kalurahan Parangtritis yang dipandu oleh Carik Parangtritis. Rakor pemerintahan umum dihadiri oleh pamong Kalurahan Parangtritis beserta jajarannya dan juga Babhinsa dan Babhinkamtibmas Parangtritis. Diawali dengan pembukaan dan berdoa yang dilanjutkan dengan penyampaian materi dan rapat koordinasi yang disampaikan diantaranya :

  • 1. Protokol kesehatan masing-masing wilayah

Berdasarkan data yang diperoleh, warga Parangtritis hingga saat ini masih terdapat 10 orang yang terpapar Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah Kalurahan Parangtritis perlu menegaskan dan menindak lanjuti apa yang menjadi peraturan pemerintah untuk pencegahan Covid-19. Selain itu, dukuh perlu menekan dan lebih tegas dalam pemantauan kegiatan masyarakat yang akan dilaksanakan oleh warga setempat.

  • 2. PBB (tim dan ketugasan)

Berkaitan dengan PBB, pemerintah Kalurahan Parangtritis sudah membentuk Tim pemungutan PBB dengan tugas dan fungsi masing-masing dan diharapkan mampu lebih maksimal dalam melaksanakan pemungutan pajak. Koordinasi yang berkaitan dengan PBB ini dilakukan lebih awal dengan maksud dan tujuan supaya dapat lebih efektif dan mampu meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak tersebut. Hal lain yang diharapkan, jika terjadi permasalahan atau kendala pada saat pemungutan pajak secepatnya dilaporkan kepada pemerintah Kalurahan untuk ditindak lanjuti dan disampaikan kepada BKAD Kabupaten Bantul. Di sisi lain, semua pamong dan staf Kalurahan juga memberikan bantuan dalam hal ini.

  • 3. PAD atau pendapat asli Kalurahan 2020 belum maksimal

Disampaikan langsung oleh Lurah, PAD atau pendapat asli Kalurahan untuk tahun anggaran 2020 belum maksimal sesuai penganggaran dikarenakan ada beberapa warga yang menyewa meminta inah atau tenggang waktu sampai awal tahun 2021 ini dikarenakan penyewaan tersebut 

  • 4. Laporan realisasi LKPJ Lurah sudah disepakati dan diplenokan bersama dengan BPD.

Kegiatan pemerintahan Kalurahan pertama yang dilakukan pada awal tahun yakni penyusunan LKPJ oleh Lurah beserta jajarannya. Kegiatan ini sudah dilakukan dan disepakati bersama oleh Bamuskal Parangtritis sebagai Perkal tahun 2021 sebagai bentuk

  • 5. Pelaksanaan / penyelenggaraan / penyusunan LPPD

Rencana bulan Februari setelah dilakukannya penyusunan dan pengesahan LKPJ yang telah ditandatangani bersama dan disepakati bersama Bamuskal sebagai sebuah Perkal, maka kegiatan selanjutnya yaitu penyusunan LPPD sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah Kalurahan kepada Kapanewon dan juga masyarakat. Kegiatan ini direncanakan akan dimulau secepatnya dan diusahakan selesai disusun dan ditetapkan sebagai Perkal pada bulan Februari 2021.

  • 6. PKTD dan P2MD/BKK

Kegiatan pembangunan fisik yang menggunakan anggaran bersumber dari APBN berupa Dana Desa, sudah akan segera dilaksanakan dengan alasan sudah ada penerimaan transfer dari pemerintah pusat. Kegiatan ini berupa PKTD atau padat karya tunai desa dengan ketentuan tertentu demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dua titik yang akan dilaksanakan pembangunan fisik yaitu di berupa cor blok jalan di padukuhan Bungkus dan Sono. Hal tersebut perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat tentang setempat tentang ketentuan penggunaan anggaran Dana Desa sesuai dengan aturan yang berlaku. Disisi lain, anggaran silpa berupa BKK/P2MD juga menanti pelaksanaannya, akan tetapi menunggu aturan berupa Perbup Bantul yang baru untuk penggunaan anggaran tersebut seperti halnya pembangunan talud padukuhan Samiran yang bersumber dari anggaran BKK kabupaten Bantul.

  • 7. Pembangunan jembatan JJLS

Sebagai bentuk pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pelaksanaan pembangunan jembatan JJLS yang berada di wilayah Depok Parangtritis akan segera dilaksanakan pada bulan ini. Persiapan telah dilakukan diantaranya persiapan alat berat untuk membentuk atau membersihkan lokasi yang akan dibuat jalan maupun jembatan. Pemerintah Kalurahan Parangtritis juga telah diberikan informasi mengenai hal tersebut dan meminta dukungan supaya pelaksanaan pembangunan jembatan tersebut dapat berjalan dengan lancar. 

 

#nng

Komentar atas Rapat Koordinasi Pemerintahan Umum Kalurahan Parangtritis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License