Pemakaman Jenazah dengan Protokol Kesehatan Alm Kyai Kartin Padukuhan Duwuran

Administrator 13 Februari 2021 12:02:01 WIB

Parangtritis, 13-02-2021. Pemeritnah kalurahan Parangtritis kembali hadir sebagai relawan dengan induk Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalurahan Parangtritis. Berkumpul di balai Kalurahan Parangtritis, tim beserta relawan covid-19 berkoordinasi yang dipimpin oleh Wursidi selaku Carik Parangtritis. Pada hari ini tepatnya Sabtu tanggal 13-02-2021 Tim satuan tugas penanganan covid-19 Parangtritis bersama relawan baik dari FPRB Paris Tangguh maupun linmas kembali bertugas dalam kegiatan Pemakaman dengan protokol kesehatan Alm Kyai Kartin dengan alamat Duwuran. Surat disampaikan melalui media komunikasi dari RSUD Panembahan Senopati Bantul untuk melakukan pemakaman jenazah secara protokol kesehatan. Kegiatan didampingi oleh Babhinsa dan babhinkamtibmas Parangtritis serta personil dari TNI Angkatan Laut. Disampaikan dalam koordinasi bahwasannya untuk kegiatan kali ini, lokasi atau medan pemakaman agak susah atau dalam kondisi licin dan menanjak. Tidak lupa pula dalam pemakaman harus tetap mengedepankan kerjasama, koordinasi dan tetap dalam protokol kesehatan. Disisi lain, Topo (Lurah Parangtritis) menyampaikan untuk tetap berhati-hati dalam melaksanakan tugas.

Persiapan selesai dilakukan dan kegiatan dilanjutkan di dekat tempat pemakaman umum Padukuhan Duwuran. Karjana selaku jagabaya Parangtritis dan juga relawan menjadi ujung tombak dalam proses pemakaman tersebut. Setiba jenazah, tim melakukan persiapan alat dan juga fasilitas pendukung seperti bambu, alat semprot dan lain-lain untuk kelancaran dan keamanan kegiatan. Beberapa personil melakukan tugas sebagai pembawa jenazah, dan lainnya menyiapkan tempat untuk kelancaran. Keterlibatan personil tim tersebut sangat diharapkan oleh warga dan keluarga yang meninggal dunia. dukungan pun diberikan oleh warga dalam kegiatan ini, baik berupa support maupun pembentukan jalan dengan menaburkan merang atau kulit padi supaya jalan yang dilewati dan menanjak tersebut tidak licin. Sewaktu pemakaman dilakukan, warga yang ada dilrang untuk mendekati jenazah, hanya tim yang melaksanakan tugas pemakaman tersebut. baru setelah protokol kesehatan dilakukan, warga yang akan membantu mengubur diijinkan untuk mendekat dan membantu untuk melakukan tugas lanjutan setelah dianggap aman oleh tim. Kegiatan pemakaman pun dilakukan dengan lancar dan tanpa hambatan. Sewaktu selesai pemakaman, dilakukan dekontaminasi dua kali. Dekontaminasi yang pertama dilakukan di pintu keluar tempat pemakaman umum Duwuran dan dekontaminasi yang kedua dilakukan di tempat atau kamar mandi luar di area parkir wisata Pantai Depok.

Evaluasi dilkukan setelah selesai melakukan dekontaminasi dengan menyampaikan terimakasih dalam kerja sama dan tindakan yang sangat maksimal sudah dilakukan. Kegiatan selesai dilakukan dan dilanjutkan dengan istirahat.

 

#nng

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License