Latihan Rute / Napak Tilas Panglima Besar Jenderal Sudirman

Administrator 02 Maret 2021 20:15:08 WIB

Selasa, 5 Maret 2021. Rencana Garis Besar latihan Rute Panglima Sudirman di Parangtritis kembali dilakukan oleh TNI. Berdasarkan surat dari Pusat Pendidikan Pertama TNI Sekolah PA PSDP nomor: B/93/II/2021 tanggal 01 Februari 2021 tentang permohonan dukungan personil hansip atau linmas, Pemerintah Kalurahan Parangtritis kembali terlibat dalam kegiatan napak tilas panglima besar jenderal Soedirman di halaman pendopo rumah singgah panglima besar jenderal Soedirman padukuhan Grogol IX. Empat anggota personil hansip atau linmas diterjunkan dalam kegiatan tersebut. Dalam hal ini, linmas bertugas membawa tandu yang dijadikan sebagai simbol dari tandu gerilya Jenderal Soedirman yang diserahkan kepada anggota TNI untuk meneruskan perjuangan negara Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Kamrihadi, selaku dukuh Grogol IX menyampaikan bahwa kegiatan latihan ini dilakukan setiap tahun dan sebagai dasar dari pendidikan perwira TNI dari tiga matra TNI baik darat, laut maupun udara. Pada kesempatan ini, jumlah personel dari TNI sebanyak 75 orang dengan rincian siswa 35 personil dan 40 personil sebagai, pelatih, pendukung dan pendamping. Dihadiri pula oleh Bambang Guritno (Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bantul) sebagai pembina upacara, Kol. Wibowo Cahyono selaku Danse Pa PSD dan perwakilan lain dari polsek maupun koramil Kretek, latihan ataupun napak tilas ini berjalan dengan baik dan lancar. Adapun protokol kesehatan tetap dijalankan dalam masa pandemi Covid-19 ini baik memakai masker maupun menjaga jarak.  

Kegiatan napak tilas ini berjalan kurang lebih 2 jam dan sekitar pukul 13.57 WIB, peserta RPS napak tilas panglima besar jenderal Soedirman dilepas oleh Bambang Guritno dari padukuhan Grogol IX menuju desa atau Panggang Gunungkidul Yogyakarta dengan jarak 26 km untuk jalan kaki seperti rute yang digunakan Jend Sudirman pada waktu gerilya.

 

#nng

Komentar atas Latihan Rute / Napak Tilas Panglima Besar Jenderal Sudirman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License