Potensi Pertanian DI Parangtritis

Administrator 29 September 2017 09:30:57 WIB

Selain Potensi Wisata dan Kuliner Desa Parangtritis juga menyimpan Potensi yang besar di Bidang Pertanian. Meskipun tidak memiliki bulak sawah yang luas akan tetapi hasil produksi pertanian di Parangtritis cukup besar dan menjadi salah satu andalan hasil produksi pertanaian di Kabupaten Bantul.

Luas lahan sawah di Parangtritis seluas 187,8 Ha yang merupakan sawah tadah hujan ( pompanisasi air dangkal ). Komoditas unggulan hasil produksi yaitu Bawang merah crok kuning yang produksi per Ha bisa mencapai 18 ton.

Selain bawang merah potensi lain pertanaian yaitu Padi dan cabai merah.

Hasil Produksi padi mencapai 8,5 ton / Ha dan hasil Produksi Cabai Merah Bisa mencapai 13 ton /Ha

Untuk mengkoordir kegiatan pertanian dibentukalah GAPOKTAN  / Gabungan Kelompok Tani yang bernama PARIS MAKMUR dan masing-masing POKTAN Pedukuhan berjumlah 11.

GAPOKTAN PARIS MAKMUR mengkoordinir :

  1. Pengaturan Pola Tanam
  2. Penyaluran Benih
  3. Pengubinan
  4. Penyediaan Pupuk

 

Komentar atas Potensi Pertanian DI Parangtritis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License