Ziarah Kubur dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Parangtritis ke-75

Administrator 09 November 2021 21:09:58 WIB

Selasa, 9 November 2021. Parangtritis merupakan kalurahan yang berdiri dari bergabungnya dua kalurahan yaitu Grogol dan Sono. Pada awal pemerintahan, lurah Parangtritis dipimpin oleh (alm) Sastro Pawiro yang berjalan selama kurang lebih satu tahun masa pemerintahan. Menurut Suwardi (ahli waris dari Alm. Sastro Pawiro) menjelaskan bahwa sebagai bentuk kebijaksanaan, secara pribadi bahwa lurah pertama Parangtritis menyerahkan kepemimpinannya kepada Hadi Harsono sebagai Lurah. Saat itu, Hadi Harsono adalah seorang anggota militer dari TNI AD yang sepulang dari tugasnya beliau diminta oleh Sastro Pawiro bersama masyarakat untuk memimpin pemerintahan di Parangtritis.

Bertepatan dengan peringatan hari jadi Kalurahan Parangtritis yang jatuh pada tanggal 11 November 2021 pekan ini, Topo (Lurah Parangtritis) mengadakan suatu rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Parangtritis. Salah satu diantaranya, yaitu ziarah kubur di makam ke dua mantan lurah tersebut. Topo juga mengajak dan memerintahkan seluruh pamong dan jajarannya untuk ikut dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hal itu dengan tujuan untuk mendoakan arwah/mengirim doa dengan cara berziarah dan juga untuk menghormati jasa serta kebaikan yang telah diberikan pada masa pemerintahan di Parangtritis. 

Diawali dengan koordinasi dan persiapan di Kantor Lurah Parangtritis, ziarah diawali di makam Alm Lurah Hadi Harsono (makam mBabon) yang terletak di padukuhan Grogol X dengan lokasi yang cukup menanjak karena berada di perbukitan. Doa bersama dipimpin oleh M. Qudhori yang dilanjutkan dengan tabur bunga secara bergantian. Selanjutnya ziarah ke dua yaitu di makam Alm Lurah Sastro Pawiro (makam Depok) dengan rangkaian acara yang sama. Tidak lupa, pemerintah Kalurahan Parangtritis memberikan ucapan terimakasih kepada pihak keluarga Alm telah bersedia untuk ikut dan mendampingi ziarah tersebut. Sebagai serangkaian acara, kenang-kenangan diberikan kepada pihak ahli waris sebagai tanda tali kasih dan dilanjutkan dengan foto bersama.

 

#nng

Komentar atas Ziarah Kubur dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Parangtritis ke-75

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Mbangun Desa

Pengumuman

Silahkan diisini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License