Peringatan HKB Oleh Pemerintah Kalurahan Parangtritis

Administrator 26 April 2022 17:12:59 WIB

Selasa, 26 April 2022. Pemerintah Kalurahan Parangtritis menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 sesuai dengan instruksi atau himbauan dari Bupati Bantul. kegiatan ini difokuskan ke dalam kegiatan peningkatan kapasitas relawan melalui FPRB Paris Tangguh. Pelaksanaan Peringatan HKB Tahun 2022 ini dihadiri oleh Lurah beserta jajaran, relawan FPRB Paris Tangguh, kelembagaan seperti Linmas, LPMKal, Bumkal, Bamuskal serta menghadirkan narasumber dari kabupaten Bantul yaitu Waljito, SH. selaku ketua FPRB Kabupaten Bantul. Adapun kegiatan tersebut sebagai berikut:

Persiapan: koordinasi, persiapan dengan berdoa bersama serta menyusun acara yang akan dilaksanakan dalam peningkatan kapasitas FPRB Tersebut

Bentuk kegiatan:

  • Pembukaan

Kegiatan peningkatan kapasitas FPRB ini dipandu dan dipimpin oleh Wursidi selaku sekretaris FPRB. Kegiatan diawali dengan berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing. Setelah itu ucapan terimakasih dan selamat datang dihaturkan kepada seluruh hadirin dalam rangka dan partisipasi kegiatan kerelawanan ini. Beberapa hal yang akan disampaikan dalam peningkatan kapasitas ini diantaranya yairu kerelawanan, peringatan hari kesiapsiagaan bencana tahun 2022 dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

  • Sambutan

Lurah menyampaikan beberapa hal diantaranya ucapan terimakasih atas jerih payah dan perjuangan seluruh relawan Paris Tangguh dalam berbagai bidang, dalam menanggulangi bencana seperti halnya pada saat pandemi covid-19. Jerih payah relawan tidak bisa kami balas satu persatu semoga amal kebaikan dan jiwa sosial ini dapat mendapat balasan dari Tuhan YME. Selanjutnya, kami selaku pemerintah Kalurahan Parangtritis selalu berusaha memberikan fasilitas serta mendampingi kegiatan relawan Paris Tangguh ini demi kelancaran dan semangat juang rekan-rekan relawan.

Selanjutnya Suroso selaku ketua FPRB mengucapkan terimakasih atas segala usaha serta kekompakan organisasi ini dan menjadikan FPRB Paris Tangguh tetap berjalan dengan baik dan lancar. Dalam kesempatan hari ini, kita mengambil tema peningkatan Kapasitas relawan dalam rangka memperingati HKB atau hari kesiapsiagaan bencana tahun 2022 sesuai dengan himbauan dari Bupati Bantul. Hal tersebut sebagai pemicu dan pendorong pergerakan jiwa kerelawanan serta memupuk semangat dan kesiapan relawan dalam menghadapi bencana. Akan tetapi, kita juga harus selalu berusaha dan berdoa supaya ilmu yang didapatkan dalam penanganan bencana ini tidak terealisasi atau dapat dikatakan tidak ada bencana apapun. Disisi lain peringatan HKB tahun 2022, Suroso menyampaikan bahwa BMKG telah memberikan hasil laporan penelitian bersama mahasiswa yang dilakukan di Kalurahan Parangtritis selama tiga bulan dalam bidang mitigasi bencana. Selanjutnya, dari hasil penelitian ini, BMKG D.I Yogyakarta mengusulkan Kalurahan Tanggap bencana ke skala internasional melalui hasil penelitian tersebut bahwa Kalurahan Parangtritis melalui FPRB dapat memebentuk warga yang Tangguh dan tanggap bencana.

  • Inti Acara

Pada inti acara ini disampaikan oleh Waljito selaku ketua FPRB Kabupaten Bantul dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022. Waljito memberikan apresiasi dan dukungan kepada relawan FPRB Paris Tangguh dalam segala hal khususnya dalam penanganan Covid-19. Kegiatan Peringatan HKB ini diadakan karena sebagai dasar pelaksanaan dan bentuk semangat dalam melaksanakan tugas sosial kerelawanan. Pada kesempatan ini, disampaikan bahwa untuk malam ini juga akan diselenggarakan peringatan HKB tahun 2022 di kantor Bupati Bantul yang langsung dipimpin oleh Bapak Bupati Bantul dan tamu undangan yaitu ketua BNPB RI. Oleh karena itu, kami menyampaikan kepada seluruh relawan kalurahan Parantritis untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Bapak Bupati Bantul juga mengharapkan kehadiran rekan-rekan relawan dan mendukung jalannya kegiatan tersebut. Peringatan HKB ini ditujukan agar relawan selalu ingat dan menjadi tumpuan semangat jiwa sosial seluruh relawan. Tidak hanya FPRB, akan tetapi masih banyak relawan-relawan dari berbagai unsur khususnya di kabupaten Bantul.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License